CEK STATUS KEBERANGKATAN UMRAH ANDA

Mengejar pahala yang mengiringi Ibadah umroh

Kategori : Edukasi Ilmiah, Ditulis pada : 10 Juni 2023, 10:38:07

zamzam.jpg


Kita sudah membahas di artikel sebelumnya tentang melimpahnya pahala ibadah umroh. Ternayata kalau kita mempelajari lebih dalam, di dalam ibadah umroh tersebut terdapat ibadah-ibadah yang mengiringinya dan bernilai pahala besar.

Diantaranya adalah ucapan talbiyah, thawaf, , tahalul, shalat di Masjidil Haram dan meminum air Zamzam.

1. Keutamaan ucapan talbiyah

Abu Hurairah radhiyallahu ‘anhu meriwayatkan bahwa Rasulullah shallallahu ‘alaihi wasallam bersabda,

مَا أَهَلَّ مهلٌّ ، ولا كَبَّرَ مُكبِّرٌ إِلاََّ بُشِّر، قيل: يا رسول الله بالجنة؟ قال: نعم

“Tidaklah seorang mengucapkan talbiyah atau mengucapkan takbir, melainkan akan dijanjikan dengan kebaikan.” Rasulullah shallallahu ‘alaihi wasallam ditanya, “Wahai Rasulullah, apakah dijanjikan dengan surga?” Beliau menjawab, “Iya.” (HR. Thabrani, dinilai hasan oleh Syekh Al Albani)


2. Keutamaan 
thawaf

Adapun pahala thawaf, Rasulullah shallallahu ‘alaihi wasallam bersabda,

مَنْ طَافَ بِهَذَا البَيْتِ أُسْبُوعًا فَأَحْصَاهُ كَانَ كَعِتْقِ رَقَبَةٍ، لاَ يَضَعُ قَدَمًا وَلاَ يَرْفَعُ أُخْرَى إِلاَّ حَطَّ اللَّهُ عَنْهُ خَطِيئَةً وَكَتَبَ لَهُ بِهَا حَسَنَةً

Barangsiapa yang thawaf di Ka’bah ini sebanyak tujuh putaran, lalu ia menyempurnakannya, maka seperti (pahala) memerdekakan seorang budak. Tidaklah ia meletakan kakinya dan tidak pula ia mengangkat kaki yang lain, kecuali Allah akan menghapuskan satu dosanya dan mencatat baginya satu kebaikan.” (HR Tirmidzi)

3. Ampunan Allah ketika tahallul

Disebutkan di dalam hadis bahwa  Nabi shallallahu ‘alaihi wasallam bersabda mendoakan bagi orang yang tahallul,

اللَّهُمَّ اغْفِرْ لِلْمُحَلِّقِينَ قَالُوا : يَا رَسُولَ اللَّهِ وَالْمُقَصِّرِينَ ؟ قَالَ : اللَّهُمَّ اغْفِرْ لِلْمُحَلِّقِينَ قَالُوا : يَا رَسُولَ اللَّهِ وَالْمُقَصِّرِينَ ؟ قَالَ : اللَّهُمَّ اغْفِرْ لِلْمُحَلِّقِينَ قَالُوا : يَا رَسُولَ اللَّهِ وَالْمُقَصِّرِينَ ؟ قَالَ : وَالْمُقَصِّرِينَ

Ya Allah, ampunilah mereka yang potong gundul.” Para sahabat berkata, “Wahai Rasulullah, bagaimana kalau cuma sekedar potong pendek?” Beliau masih bersabda, “Ya Allah, ampunilah mereka yang potong gundul.” Para sahabat balik bertanya, “Wahai Rasulullah, bagaimana kalau cuma potong pendek?” Beliau masih bersabda, “Ya Allah, ampunilah mereka yang potong gundul.” Para sahabat kembali bertanya, “Wahai Rasulullah, bagaimana cuma sekedar potong pendek?” Baru beliau menjawab, “Dan juga bagi yang memendekkan.” (HR. Bukhari dan Muslim)

 

4. Salat di Masjidil Haram

 Mengenai pahala salat di Masjidil Haram, Nabi shallallahu ‘alaihi wasallam bersabda,

صلاةٌ في مسجدِي هذا خيرٌ من ألفِ صلاةٍ في ما سواه إلا المسجدَ الحرامَ، وصلاةٌ في  الحرامِ أفضلُ من مائةِ صلاةٍ في مسجدِي هذا

Salat di masjidku (Masjid Nabawi) lebih utama daripada 1000 kali salat di masjid lainnya, selain Masjidil Haram. Adapun salat di Masjidil Haram, maka lebih utama daripada 100 kali salat di masjidku ini (Masjid Nabawi).” (HR. Bukhari dan Muslim)

 

5. Minum Air Zamzam

Di antara dalil yang  menunjukkan keutamaan air zam-zam adalah hadist yang diriwayatkan dari Jabir radhiyallahu anhu sebagai berikut.

عَنْ جَابِرٍ قَالَ : سَمِعْتُ رَسُوْلَ اللَّهِ يَقُوْلُ: مَاءُ زَمْزَمَ لمِاَ شُرِبَ لَهُ

 

Dari Jabir berkata, “Saya mendengar Rasulullah bersabda, ‘Air zam-zam itu tergantung niat orang yang meminumnya”. (HR. Ibnu Majah 2/1018, Ahmad 3/357, al-Baihaqi dalam Sunan 5/148.)


Dari dalil di atas, seseorang yang akan meminum ari Zamzam, ia dapat berniat lewat wasilah air Zamzam tersebut untuk mendapatkan sesuatu. Semisal mendapatkan kesehatan, kecerdasan, rezeki dan lain sebagainya yang tentunya semua terjadi dengan izin Allah.

Salah satu doa setelah meminum air Zamzam yang masyhur dari Ibnu Abbas radhiyallahu ‘anhuma adalah sebagai berikut :

اللهم إني أسألك علماً نافعاً، ورزقاً واسعاً، وشفاءً من كل داء

"Ya Allah aku memohon pada-Mu ilmu yang bermanfaat, rizqi yang luas, dan kesembuhan dari segala macam penyakit“.

Demikianlah beberapa ibadah yang mengiringi ibadah umroh dengan keutamaan yang sangat besar bagi orang yang mengamalkannya. Semoga Allah mudahkan semua kaum muslimin untuk melaksanakan ibadah yang mulia ini. Aamiin.



Sumber : muslim.or.id

 

Chat Dengan Kami
built with : https://erahajj.co.id