CEK STATUS KEBERANGKATAN UMRAH ANDA

Melimpahnya Pahala Umroh

Kategori : Edukasi Ilmiah, Ditulis pada : 10 Juni 2023, 09:07:24

haji.jpg




1. Dihapuskan dosa diantara dua umroh

Dari Abu Hurairah radhiyallahu ‘anhu, bahwa Rasulullah shallallahu ’alaihi wasallam bersabda,

العمرةُ إلى العمرةِ كفَّارَةٌ لمَا بينَهمَا ، والحجُّ المبرورُ ليسَ لهُ جزاءٌ إلا الجنَّةُ

“Antara satu umrah dengan umrah berikutnya terdapat penghapusan dosa-dosa di antara keduanya.  Haji yang mabrur, tidak ada pahala bagi pelakunya, melainkan surga” (HR. Bukhari dan Muslim)

 

2.Menghilangkan kefakiran

Dari Abdullah bin Mas’ud radhiyallahu ’anhu, Rasulullah shallallahu ‘alaihi wasallam bersabda,

تَابِعُوا بَيْنَ الْحَجِّ وَالْعُمْرَةِ فَإِنَّهُمَا يَنْفِيَانِ الْفَقْرَ وَالذُّنُوبَ كَمَا يَنْفِى الْكِيرُ خَبَثَ الْحَدِيدِ وَالذَّهَبِ وَالْفِضَّةِ وَلَيْسَ لِلْحَجَّةِ الْمَبْرُورَةِ ثَوَابٌ إِلاَّ الْجَنَّةُ

“Iringilah haji dengan umrah, karena keduanya menghilangkan kefakiran dan dosa-dosa sebagaimana pembakaran menghilangkan karat pada besi, emas, dan perak. Tidak ada pahala bagi haji yang mabrur, kecuali surga.” (HR. An-Nasa’i)

 

3. Pahala Jihad bagi wanita

‘Aisyah radhiyallahu ‘anha berkata,

يَا رَسُولَ اللَّهِ عَلَى النِّسَاءِ جِهَادٌ قَالَ « نَعَمْ عَلَيْهِنَّ جِهَادٌ لاَ قِتَالَ فِيهِ الْحَجُّ وَالْعُمْرَةُ

“Wahai Rasulullah, apakah terdapat kewajiban jihad atas wanita ? Beliau shallallahu ‘alaihi wa sallam menjawab, Iya, bagi para wanita terdapat kewajiban jihad, tapi bukan kewajiban berperang melainkan berhaji dan umroh. (H.R. Ibnu Majah)

4. Dikabulkan doanya

Disebutkan di dalam hadis bahwa Nabi shallallahu ‘alaihi wasallam bersabda,

الْغَازِى فِى سَبِيلِ اللَّهِ وَالْحَاجُّ وَالْمُعْتَمِرُ وَفْدُ اللَّهِ دَعَاهُمْ فَأَجَابُوهُ وَسَأَلُوهُ فَأَعْطَاهُمْ

Orang yang berperang di jalan Allah, orang yang berhaji, serta berumrah adalah tamu-tamu Allah. Allah memanggil mereka, maka mereka pun memenuhi panggilan. Oleh karena itu, jika mereka meminta kepada Allah, pasti Allah akan kabulkan permintaan mereka.” (HR. Ibnu Majah)

 

5. Pahala besar sesuai pengorbanan untuk berumroh

Nabi shallallahu ‘alaihi wasallam pernah bersabda mengenai umrah yang dilakukan ‘Aisyah radhiyallahu ‘anha,

عن عائشة رضي الله عنها ، أن رسول الله صلى الله عليه وسلم قال لها في عمرتها : إن لك من الأجر على قدر نصبك ونفقتك

Dari Aisyah radhiyallahu ‘anha bahwa Rasulullah shallallahu ‘alaihi wasallam bersabda kepada Aisyah tentang umrahnya, ‘Sesungguhnya engkau mendapat pahala sesuai kadar kesulitan dan pengorbananmu.’” (HR. Hakim)

 

6. Umroh di Bulan Ramadhan seperti haji bersama Rasul

Nabi shallallahu ‘alaihi wasallam bersabda,

فَإِذَا جَاءَ رَمَضَانُ فَاعْتَمِرِي ، فَإِنَّ عُمْرَةً فِيهِ تَعْدِلُ حَجَّةً مَعِي

Apabila tiba bulan Ramadan, lakukanlah umrah, karena umrah di bulan Ramadhan nilainya seperti haji bersamaku.“ (HR. Bukhari dan Muslim)

Demikianlah pahala yang melimpah dari ibadah umroh. Semoga dengan pahamnya kita terhadap keutamaan ibadah umroh ini semakin memotivasi kita untuk merencanakan ibadah umroh dalam waktu dekat.


Referensi :

https://muslim.or.id

https://rumaysho.com/

Chat Dengan Kami
built with : https://erahajj.co.id